Breaking News

Minggu, 20 Januari 2019

Gempa, Tsunami, dan Likuifaksi dalam Catatan Sejarah Ulama Terdahulu

Bagian I

 

 

Dalam catatan sejarah Arab oleh al-Imam Jalaluddin as-Suyuthi di dalam kitab "Tarikh Al Khulafa" telah merekam suatu kejadian besar yang pernah melanda Indonesia khususnya Aceh pada tahun 2004 yaitu Gempa dan Tsunami, dan kejadian ini pernah terjadi sebelumnya pada tahun 640 H di Palestina...

 


وفي سنة ستين (وأربعمائة) كانت بالرملة الزلزلة الهائلة التي خربتها حتى طلع الماء من رءوس الآبار، وهلك من أهلها خمسة وعشرون ألفا، وأبعد البحر عن ساحله مسيرة يوم، فنزل الناس إلى أرضه يلتقطون السمك، فرجع الماء عليهم فأهلكهم.
(تاريخ الخلفاء ص : ٦٤٦)

 

Pada tahun 460 H, terjadi sebuah gempa besar di Ramlah (Palestina) hingga membuat Ramlah hancur lebur. Gempa itu telah membuat air menyembur dari pinggiran sumur.Jumlah korban yang meninggal akibat gempa itu adalah dua puluh lima ribu jiwa. Gempa itu juga telah membuat kering air yang diperkirakan jarak antara pantai dan tempat yang kering itu sekitar sehari perjalanan. Orang-orang kemudian turun ke pantai untuk menangkap ikan yang terdampar, namun tiba-tiba air kembali pasang dan merekapun tenggelam.

(Tarikh Al Khulafa : 646)

 

Yang ingin mendownload kitabnya, silahkan klik tautan dibawah
Kitab Tarikh Al Khulafa

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Designed By