Breaking News

Rabu, 10 Juli 2019

BENARKAH IMAM SYAFI'I رحمه الله تعالى MEMBENCI / MENCELA SUFI (TASAWWUF)???



Bagian I

Kalau kita membaca tulisannya para SaWah (salafi palsu/wahabi) mengenai tasawwuf, maka yang kita dapati adalah imam Syafi'i sangat membenci para sufi (orang yang mendalami ilmu tasawwuf)...

Mereka mengutip perkataan imam Syafi'i :


لَوْ أَنَّ رَجُلاً تَـصَوَّفَ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ لَمْ يَأْتِ عَلَيْهِ الظُّهْرُ إِلاَّ وَجَدْتَـهُ أَحْمَقَ
(مناقب الشافعي ٢٠٧/٢)

“Kalau ada orang menjadi Sufi di pagi hari, maka tidaklah datang waktu Zhuhur kecuali orang tersebut akan engkau jumpai menjadi manusia yang dungu”.
(Manaqib Syafi’i karya Imam al-Baihaqi 2/207).

Kalau membaca perkataan imam Syafi'i sampai disini saja, memang akan terkesan imam Syafi'i membenci tasawwuf secara mutlak, tetapi jika kita jujur dan ingin mencari kebenaran kita akan melihat perkataan imam syafi'i yang lain malah memuji seorang sufi yang bernama Muslim al-Khawwash.

Mari kita perhatikan kelanjutan teks diatas masih di kitab dan halaman yang sama

سمعت الشافعي يقول: ما رأيت صوفيا قطّ إلا مسلم الخَوَّاص
(مناقب الشافعي ٢٠٧/٢)

Aku telah mendengar asy-Syafi'i berkata:
“Aku tidak pernah melihat seorang yang benar² sufi kecuali Muslim al-Khawwash “.
(Manaqib Syafi’i karya Imam al-Baihaqi 2/207).

Ketika melihat dua perkataan imam Syafi'i diatas seakan² saling bertentangan antara dua perkataan beliau diatas.



Tapi jangan khawatir masih dikitab yang sama dan halaman yang sama imam baihaqi asy-Syafi'i menjelaskan lebih lanjut maksud celaan imam syafi'i terhadapa tasawwuf.

قلت: وإنما أراد به من دخل في الصوفية واكتفى بالاسم عن المعنى، وبالرسم عن الحقيقة، وقعد عن الكسب، وألقى مؤنته على المسلمين، ولم يبال بهم، ولم يرع حقوقهم، ولم يشتغل بعلم ولا عبادة، كما وصفه في موضع آخر.

 (مناقب الشافعي ٢٠٧/٢)

Aku (al-Baihaqi) katakan: “ Sesungguhnya yang dimaksud oleh Imam Syafi’i : adalah orang yang masuk dalam kalangan sufi yang hanya mencukupkan dengan “nama” saja sementara dia tidak paham makna intinya, dia hanya mementingkan catatan tanpa mendalami hakekatnya, hanya duduk dan tidak mau berusaha, ia menyerahkan biaya hidup dirinya ke tangan kaum muslimin, sementara dia tidak peduli dengan mereka, tidak pernah menyibukkan diri dengan mencari ilmu dan ibadah”, Sebagaimana maksud ucapan Imam Syafi’i ini ia ungkapkan dalam riwayat lainnya.
(Manaqib Syafi’i karya Imam al-Baihaqi 2/207)

Jadi setelah kita perhatikan penjelasan diatas, sebenarnya imam syafi'i tidak membenci/mencela sufi (tasawwuf), hanya saja yang beliau tolak adalah sufi yang pemalas, baik dalam perkara dunia apalagi dalam perkara akhirat yaitu menuntut ilmu dan ibadah....

Yang ingin mendownload kitab manaqib imam syafi'i juz 2 diatas silahkan klik tautan dibawah
Manaqib Asy-Syafi'i Lil Baihaqi

Bersambung...
Oleh : Abi Aufa

Tidak ada komentar:

Designed By