Fatwa Syaikh Ibnu
Utsaimin
Tentang Dzikir
Suara Keras
الجهر
بالذكر بعد الصلاة
وسئل
فضيلة الشيخ: ما الأذكار التي يرفع الإنسان بها صوته بعد الصلاة المكتوبة؟ وما قولكم
في قول بعضهم إن رفع الصوت في عهد النبي صلى الله عليه وسلم من أجل التعليم؟
فأجاب
فضيلته بقوله: الأذكار التي يرفع الإنسان بها صوته بعد المكتوبة: كل ذكر يشرع بعد الصلاة،
لما ثبت في صحيح البخاري من حديث ابن عباس رضي الله عنهما قال: "كان رفع الصوت
بالذكر حين ينصرف الناس من المكتوبة على عهد النبي صلى الله عليه وسلم، قال: وكنت أعلم
إذا انصرفوا بذلك إذا سمعتهم"()، فدل هذا على أن كل ما يشرع من ذكر في أدبار الصلاة
فإنه يجهر به.
وأما
من زعم من أهل العلم أنه كان يجهر به في عهد النبي صلى الله عليه وسلم للتعليم، وأنه
لا يسن الجهر به الآن فإن هذا في الحقيقة مبدأ خطير، لو كنا كلما جاءت سنة بمثل هذا
الأمر قلنا إنها للتعليم، وأن الناس قد تعلموا الآن فلا تشرع هذه السنة لبطل كثير من
السنن بهذه الطريقة،
ثم نقول: الرسول عليه الصلاة والسلام قد أعلمهم بما يشرع بعد الصلاة،
كما في قصة الفقراء الذين جاءوا إلى النبي صلى الله عليه وسلم [في أن الأغنياء سبقوهم
فقال: "ألا أخبركم بشيء تدركون به من سبقكم" ؟ ثم ذكر لهم أن يسبحوا ويكبروا ويحمدوا ثلاثاً وثلاثين]. فقد علمهم
بالقول صلى الله عليه وسلم.
فالصواب
في هذا أنه يشرع أدبار الصلوات المكتوبة أن يجهر الإنسان بكل ما يشرع من ذكر سواء بالتهليل،
أو بالتسبيح أو الاستغفار بعد السلام ثلاثاً أو بقول: اللهم أنت السلام، ومنك السلام،
وتباركت يا ذا الجلال والإكرام (مجموع فتاوى ورسائل ابن عثيمين 13 / 176)
“Mengeraskan Dzikir Setelah Salat”
Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya bahwa dzikir apa saja yang
dibaca dengan keras setelah salat wajib? Apa pendapat anda mengenai perkataan
bahwa mengeraskan dzikir setelah salat di masa Nabi Saw adalah untuk
mengajarkan?
Syaikh Ibnu Utsaimin menjawab: Dzikir yang dibaca dengan
suara keras setelah salat adalah setiap dzikir yang disyariatkan setelah salat.
Berdasarkan riwayat sahih dalam kitab Sahih Bukhari dari Ibnu Abbas, ”Sesungguhnya mengeraskan (bacaan)
dzikir setelah para sahabat selesai melakukan salat wajib sudah ada sejak masa
Nabi Muhammad Saw.” Ibnu Abbas berkata: “Saya mengetahui yang demikian setelah
mereka melakukan salat wajib
dan saya mendengarnya”. Hadis ini menunjukkan bahwa
setiap dzikir yang disyariatkan setelah salat adalah dibaca dengan suara keras.
Adapun anggapan sebagian ulama bahwa mengeraskan dzikir
di masa Nabi Saw adalah untuk mengajarkan dan sekarang sudah tidak disunahkan
lagi, maka sebenarnya ini adalah menjadi pangkal permasalahan. Sebab jika kita
katakana bahwa setiap sunah yang dibawa oleh Rasulullah sebagai sebuah pengajaran,
dan sekarang semua orang telah mengetahui sehingga tidak disyariatkan lagi,
maka rusaklah ajaran-ajaran sunah dalam sudut pandang seperti ini. Kami berkata
bahwa Rasulullah telah mensyariatkan dzikir setelah salat dan Rasulullah
mengajarkan secara ucapan [bacaan dzikir]. Yang benar dalam masalah ini adalah
disyariatkan setelah salat wajib untuk mengeraskan setiap dzikir, baik tahlil,
tasbih, istighfar dll.
السائل: لكن السنة أن يجهر به! الشيخ: السنة أن يجهر، ولكن
إذا كان إماماً فينبغي أن يبلغ المأمومين قبل ذلك، ويقول: يا إخوان! السنة هي الجهر (لقاء الباب المفتوح 62 /
12)
“Penanya: Akan tetapi yang sunah mengeraska dzikir?
Syaikh Utsaimin menjawab: Yang sunah adalah membaca dengan keras. Namun jika
dia menjadi imam, maka dianjurkan menyampaikan kepada semua makmum sebelumnya,
kemudian ia berkata: Saudara-saudara, yang sunah adalah membaca dzikir dengan
keras!”Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar